Jagung BISI Mampu Tingkatkan Ekonomi Kabupaten Lima Puluh Kota
10 January 2020 [ 0 views ]

Tepat 12 Agustus 2019, penanaman jagung Hibrida BISI-18 dan BISI-79 dilaksanakan di Baruah Talago/Kubang Kenagarian VII Koto Talago di sebuah lahan sawah seluas 1 hektar.  Penanaman ini dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama Wali Nagari dan tokoh masyarakat serta Masyarakat Peduli Petani Indonesia (MAPPINDO).  Tidak terasa bulan Januari 2020 jagung Hibrida BISI-18 dan BISI-79 sudah memasuki masa panen dan menjadi pusat perhatian seluruh masyarakat di Jorong Talago Nagari Tujuah Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota.

Jum’at, 3 Januari 2020, secara langsung Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit memimpin acara panen perdana jagung hibrida BISI-18 dan BISI-79.  Nasul Abit menilai peningkatan produksi jagung menggunakan bibit unggul Bisi 18 dan Bisi 79 yang sukses diuji coba, bisa menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat setempat.

Hasil bersih jagung setelah dipipil mencapai angka rata rata 12,6 ton per hektare. Jumlah itu jauh lebih banyak dari pada hasil panen jagung dengan bibit biasa di Sumbar sekitar 6,3 ton per hektare. “Hasil ini luar biasa. Apalagi saat ini terdapat 62 ribu hektar lahan yang bisa dimanfaatkan di Kabupaten Limapuluh Kota. Jika lahan terlantar itu ditanami jagung pakan ayam, maka ekonomi masyarakat meningkat pesat,” kata Nasrul.

“Bibit jagungnya direncanakan akan dibagikan langsung secara gratis ke Jorong-jorong dan Nagari-nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. Pelatihan cara bertanam akan dilakukan kepada masyarakat. Siapa saja dari masyarakat, diajak untuk bertanam jagung pakan ayam ini, baik perorangan maupun kelompok,” lanjut Narul Abit.

Benih Jagung Hibrida BISI-18 dan BISI-79 merupakan produk dari PT. BISI International Tbk.  BISI-18 merupakan benih jagung hibrida terlaris di Indonesia dan telah ditanam hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Kelebihan dari BISI-18 antara lain adalah potensi hasil mencapai 12 ton pipil kering per hektar, dengan rendemen 82%-85%.  Prosentase tongkol normal dalam satu hamparan tinggi, lebih dari 92%. Tingkat penutupan pucuk tongkolnya (tip filling) mencapai 97%. Tahan Penyakit Bulai. Cocok untuk dataran rendah hingga tinggi.

Sedangkan BISI-79 adalah benih terbaru dari PT. BISI International Tbk yang sudah sejak 2 tahun terakhir menjadi sebuah pilihan baru bagi petani di seluruh Indonesia.  Keunggulan dari BISI-79 adalah potensi hasil mencapai 11,94 ton pipil kering per hektar. Tahan penyakit bulai dan karat daun. Batang besar, kuat dan tahan roboh. Cocok untuk daerah yg berangin kencang. Mampu bertongkol dua dengan baik. Rendemen tinggi, 83% – 86%. Tahan kondisi kekeringan.

Kunjungi BISI di media sosial
PT. BISI International, Tbk
Jl. Raya Surabaya - Mojokerto Km.19 Taman - Sidoarjo 61257 - Jawa Timur - Indonesia
Telp: (031)7882528 - Fax: (031) 7882856 - email: info@bisi.co.id