Harga Jagung CPI

Medan
Rp. 4.400 (15%) ; Rp. 4.150 (17%)

Lampung
Rp. 4.050 (15%) ; Rp. 3.900 (17%)

Balaraja
Rp. 4.350 (15%) ; Rp. ——-  (17%)

Cirebon
Rp. 4.250 (15%) ; Rp. 4.150  (17%)

Semarang
Rp. 4.250 (15%) ; Rp. 4.000  (17%)

Surabaya
Rp. 4.150 (15%) ; Rp. 4.050  (17%)

Makasar
Rp. 4.100 (15%) ; Rp. 3.900  (17%)

Last Update 6 September 2017
Saham BISI

1.495

Last Update 13 September 2017
BISI Salurkan Beasiswa Bagi Mahasiswa
17 November 2016 [ 229 views ]

Pendidikan merupakan salah satu kunci utama kemajuan suatu bangsa. Melalui pendidikan, kualitas dan karakter sumber daya manusia akan terbentuk dan terbangun dengan baik sebagai ujung tombak sekaligus motor penggerak pembangunan di segala bidang.

Sebagai salah satu perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia, PT BISI International, Tbk. (BISI) juga memandang penting perlunya pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan. Oleh karena itu, mulai tahun ini, BISI memberikan beasiswa bagi mahasiswa perguruan tinggi yang terkategorikan kurang mampu dan memiliki prestasi akademis yang bagus.

Beasiswa tersebut disalurkan melalui Lembaga Karya Pokphand (LKP) yang merupakan lembaga bentukan PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. (CPI) yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan yang terkait langsung dengan perusahaan-perusahaan di bawah naungan Charoen Pokphand Group. BISI sendiri adalah salah satu anak usaha CPI yang bergerak di bidang industri benih, pupuk, dan pestisida.

Sesuai dengan bidang yang digelutinya, maka beasiswa BISI tersebut diberikan kepada para mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) Malang. Totalnya ada 20 mahasiswa dari jurusan Agribisnis dan Agroekoteknologi yang akan mendapatkan beasiswa tersebut.

beasiswa2

Kerjasama pemberian beasiswa ini tertuang dalam nota kesepakatan bersama (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum LKP sekaligus Presiden Direktur CPI Thomas Effendy dengan Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. di UB Guest House, komplek kampus Universitas Brawijaya, Malang (16/11).

Sebagai tindak lanjut MoU tersebut, Presiden Direktur BISI Jemmy Eka Putra bersama dengan Wakil Rektor III UB Prof. Dr. Ir. Arief Prajitno, MS. juga menandatangani perjanjian kerjasama beasiswa yang diberi nama Beasiswa Universitas Lembaga Karya Pokphand itu. Tampak hadir dalam acara tersebut, di antaranya adalah Direktur BISI Setiadi Setiokusumo, Sekretaris Umum LKP Suparman Sastrodimejo, Ketua Bidang Pendidikan LKP Andi Magdalena Siadari, Wakil Rektor IV UB Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati, MS., dan Dekan Fakultas Pertanian UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS.

beasiswa1

Menurut Sekretaris Umum LKP Suparman Sastrodimejo, beasiswa tersebut akan diberikan kepada para mahasiswa secara bertingkat dari semester 1 sampai semester 8. Tiap semester, mahasiswa terpilih dari Jurusan Agroekoteknologi masing-masing akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp4,5 juta. Sementara bagi mahasiswa Jurusan Agribisnis masing-masing akan mendapatkan Rp4 juta/semester.

“Apabila mahasiswa yang mendapat beasiswa ini lulus di semester 8 atau tahun ke-4, maka beasiswanya akan diteruskan oleh mahasiswa lainnya di tahun pertama, demikian seterusnya. Sehingga diharapkan, beasiswa ini akan berlanjut terus-menerus,” terang Suparman.

Sementara Menurut Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS., pihaknya sangat mengapresiasi pemberian beasiswa dari BISI dan CP Group itu. Pasalnya, hal ini juga selaras dengan program yang sedang digencarkannya untuk menciptakan kampus UB yang berkualitas dan berbiaya murah.

“Kebetulan kita juga sedang mencari beasiswa dari berbagai sumber. Kami ingin memberikan kampus yang bagus dan berkualitas tapi biayanya murah. Salah satu caranya adalah dengan beasiswa dari para stakeholder ini,” ujar Bisri.

Lebih lanjut, Bisri mengatakan, hingga saat ini dari total 54 ribu mahasiswa UB, sekitar 20 ribu telah mendapatkan beasiswa dari berbagai institusi. “Salah satunya dari PT BISI dan Charoen Pokphand Group ini,” tambanya.

Menurut Bisri, Fakultas Pertanian UB, khususnya Agribisnis, merupakan jurusan favorit kedua setelah Kedokteran. “Jadi, Fakultas Pertanian kita ini sudah luar biasa sekarang. Kami berharap, dengan adanya kerjasama yang baik seperti ini kualitas mahasiswanya bisa semakin meningkat dan mampu bersaing saat sudah lulus nanti,” terangnya.

beasiswa3

Program Beasiswa Universitas LKP ini merupakan program yang baru dirintis tahun ini oleh CPI Group melalui LKP. Selain UB, terdapat sembilan universitas negeri lainnya yang juga menjadi mitra kerjasama, antara lain: Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Soedirman, Universitas Airlangga, Universitas Udayana, Universitas Hasanudin, Universitas Lampung, dan Universitas Sumatera Utara. Totalnya ada 220 mahasiswa dengan nilai total beasiswa sebesar Rp952 juta/semester.

Sebelum LKP terbentuk di tahun 2003, Charoen Pokphand Group sudah melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan di bidang pendidikan berupa kegiatan anak asuh sejak tahun 1983. “Anak asuh kita mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Hingga saat ini, sudah ada 3.500 anak asuh yang dibina CP Group,” ujar Suparman.

Selain pendidikan, kata Suparman, mulai tahun ini LKP juga menangani kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). “Alasan kami, PAUD sudah ada Dirjennya, tapi belum banyak perhatian dan pembiayaan secara intensif dari pemerintah. Untuk itu kami membuat program bedah 100 PAUD,” terangnya.

LKP sedniri juga berkiprah membantu masyarakat yang ada di sekitar unit kerja Charoen Pokphand Group. “Di seluruh Indonesia ada 198 unit kerja CP Group. Kami membina masyarakat sekitar sesuai kebutuhan mereka masing-masing,” jelas Suparman.

 

iklan-aplikasi

PT. BISI International, Tbk
Jl. Raya Surabaya - Mojokerto Km.19 Taman - Sidoarjo 61257 - Jawa Timur - Indonesia
Telp: (031)7882528 - Fax: (031) 7882856