BISI18       BISI222      BISI12      BISI816      BISI16       BISI2       iklan banner

Hamrudin “hasilnya memang luar biasa!”
25 July 2013 pukul 06:45 WIB [ 55 views ]

Setelah sekali menanam jagung super hibrida BISI-18, Pak Hamrudin, petani sekaligus pengepul jagung di Desa Mario, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara langsung meng-idola-kan BISI-18. “Begitu petani tahu, termasuk saya, kalau tanaman BISI 18 itu ternyata hasilnya luar biasa, langsung tidak ragu lagi untuk mencoba dan menanam lagi di musim-musim berikutnya. Saya sendiri pertama kali mencoba sebanyak 63 kilogram benih, dan hasilnya memang luar biasa.”

01. Hamrudin, Ds Mario, Baebunta. Luwu Utara 2Dahulu daerah Pak Hamrudin banyak didominasi tanaman coklat, sekarang banyak yang mulai beralih ke tanaman jagung, karena dinilai sangat menguntungkan. “Petani di sini sekarang ini sudah banyak yang tanam jagung, dalam setahun bisa sampai tiga kali tanam. Pokoknya sepanjang tahun tidak pernah berhenti tanam jagung. Sebelumnya kebanyakan adalah petani coklat, tapi setelah tidak menguntungkan lagi banyak yang beralih tanam jagung,” ujar Pak Hamrudin,

“Orang tanam jagung di sini yang penting hasil panennya (pipilan) tinggi dan kualitas biji jagungnya bagus, tidak banyak biji mati,” ungkap Hamrudin. BISI-18 menurutnya ternyata memenuhi syarat ideal yang sesuai dengan keinginan petani tersebut. “Jagung ini lebih berat timbangannya, makanya hasilnya juga lebih banyak. Rendemennya juga tinggi, lebih dari 90 persen,” ujarnya.

“Dan sekarang ini, BISI 18 menjadi buruan para petani di sini,” papar Hamrudin sambil tersenyum.

Kirim komentar Facebook atau bagikan dengan
twitter share button Share Hamrudin “hasilnya memang luar biasa!” on Google+